Cara & Tips Mengatasi Sakit Nyeri Punggung

     Cara & Tips Mengatasi Sakit Nyeri Punggung.Sakit punggung yang sekarang bukan lagi penyakit aneh,bahkan masih muda sekalipun bisa juga terkena penyakit sakit punggung.Sakit punggung yang dirasakan nyeri pada bagian punggung atau belakang badan.Timbulnya rasa sakit dan nyeri punggung biasanya disebabkan oleh pola hidup yang modern.Ada yang menimbulkan rasa sakit nyeri punggung yang ditimbulkan oleh  pola hidup yang modern.Salah satu perilaku yang sering menimbulkan nyeri punggung adalah terlalu lama duduk di depan komputer atau menyaksikan televisi secara berlebihan.Hal tersebut banyaklah dialami oleh masyarakat awam yang sering ilakukan setiap hari dan dapat menimbulkan kelainan pada tulang belakang menjadikannya rasa sakit.Disamping itu,kelainan yang terjadi di tulang belakang dan saraf terjepit juga dapat menyebabkan sakit punggung.


Hingga saat ini kebanyakan orang yang merasakan sakit punggung yang sering di alami di daerah pinggang atau punggung bagian bawah.Penyebab sakit punggung yang paling umum adalah ligament atau cedera otot.Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan cedera, seperti berat badan yang terlalu berlebih, mengangkat beban dengan tidak benar, dan buruknya postur tubuh.Nyeri punggung yang diakibatkan oleh postur tubuh yang kurang baik maupun karena beberapa aktivitas sebenarnya masih dapat di atasi. Berikut ada beberapa langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengobati nyeri punggung diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi beban bawaan
Sakit punggung juga dapat disebabkan oleh beban tas yang dibawa setiap hari. Hal ini tak hanya anak sekolah dan juga untuk semua kalangan sebaiknya menggunakan tas gendong yang dua tali.Alangkah sebaiknya berat beban tas Anda jangan lebih dari 10% jumlah berat badan Anda. ini dapat dijadikan patokan untuk barang bawaan yang akan Anda bawa setiap hari. Mengurangi berat barang bawaan sama saja dengan mengurangi risiko sakit punggung.

2.Mengkonsumsi brokoli
Ada beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin K, diantaranya bayam, brokoli, dan sayuran yang berdaun hijau. Adanya asupan vitamin K sangat membantu kalsium untuk memadatkan tulang supaya lebih kuat.

3. Kuatkan otot perut
Lakukanlah latihan yang tepat untuk memperkuat otot-otot yang ada di sekitar area batang tubuh.Anda dapat melakukan latihan berikut, berbaringlah terlentang dengan punggung rata di alas lantai dan lutut ditekuk.Atau juga anda bisa juga melakukannya dengan posisi sit up.

4. Gunakan alas tidur yang tepat
Dengan menggunakan alas tidur yang lembut lebih baik dari alas tidur keras untuk mencegah sakit punggung. Bantal juga berpengaruh, bantak sebaiknya jangan terlalu tinggi.posisi tidur juga berpengaruh  dan dapat memicu risiko terkena nyeri punggung. Sakit punggung yang pernah Anda alami dapat menjadi parah jika posisi tidur Anda salah. Anda bisa terjaga semalaman bila Anda mengalami sakit punggung, oleh sebab itu aturlah posisi tidur Anda dengan tepat. Posisi tidur yang baik yakni tidur menyamping, telentang dan telungkup.